Selasa, 20 Oktober 2009

Bunga Mawar dan Jenisnya

Mawar (Rose)

Mawar yang cantik merupakan tanaman semak dari jenis Rosa. Nama Rose atau mawar juga diambil dari sana. Bunga ini terdiri dai 100 species yang banyak tumbuh di daerah sejuk. Umumnya mawar memiliki duri dan tumbuh memanjat, tingginya dapat mencapai 2 – 5 meter.


Memiliki batang berduri yang berbentuk seperti pengait. Fungsinya sebagai pegangan ketika merambat atau memanjat pada tumbuhan lain. Ada juga beberapa spesies mawar mempunyai duri yang lurus dan tajam seperti jarum, tetapi ada juga durinya lunak dan tidak tajam.


Sebetulnya, mawar bukanlah tanaman tropis. Mawar berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur. Tetapi dalam perkembangannya, menyebar luas di daerah-daerah beriklim dingin (sub-tropis) dan panas (tropis).


Ada beberapa penyakit yang biasanya menjangkit bunga mawar. Diantaranya penyakit karat daun yang menyebabkan daun bunga mawar rontok.


Beberapa spesies bunga mawar dapat menghasilkan buah rose hips, diantaranya seperti species Canina Roses dan Rugosa Roses. Rose hips adalah buah agregat yang dihasilkan oleh bunga, biasanya berkembang dari bunga yang memiliki banyak putik. Buah rose hips ini merupakan sumber vitamin C alami. Burung Finch adalah salah satu jenis burung yang memakan biji-biji mawar, secara tidak langsung mereka membantu penyebaran biji mawar bersama kotoran yang mereka keluarkan.


Jenis Mawar


Jika dilihat dari bentuk dan sifat pertumbuhannya mawar dapat dikategorikan dalam 4 kelompok. Diantaranya, mawar semak, mawar kerdil, mawar pohon dan mawar liana.
Mawar semak (Shrub Roses) biasanya ditanam sebagai pagar sedangkan Mawar Kerdil (Baby Roses) biasanya ditanam dalam pot. Sedangkan Mawar liana tumbuh secara merambat.


Jadi bunga mawar ini dapat digunakan untuk tanaman hias kebun atau taman (outdoor) juga untuk tanaman hias pot (outdoor and indoor).


Cara Menanam Mawar


Tidak ada perawatan khusus untuk menanam bunga Mawar. Anda hanya memerlukan media tanam berupa tanah yang berhumus serta drainase yang baik. Sekedar tips, pilihlah lokasi tanam yang memiliki sinar matahari cukup dan jangan menggunakan media tanam yang terlalu gembur atau berpasir. Ini semua agar mawar tumbuh subur dan kerap berbunga.


Anda dapat memperbanyak tanaman ini dengan setek, okulasi, cangkok dan biji. Jangan lupa lakukan pemangkasan secara berperiode serta berilah pupuk perangsang bunga dengan teratur sehingga mawar rajin berbunga. Untuk pemangkasan sebaiknya dilakukan pada musim hujan agar tunas segera tumbuh dan kuntum bunga baru akan bermunculan.


Sedangkan untuk menanam Mawar dalam pot, maka Anda harus memperhatikan media tanam yang digunakan. Anda dapat menggunakan perbandingan 1:1:1/4 untuk tanah, pupuk dan pasir. Agar Mawar terbebas dari penyakit, Anda dapat kukus terlebih dahulu media tanam yang hendak digunakan. Kemudian pilih pot, akan lebih baik pot berbahan tanah liat. Letakkan batu-batu kecil atau potongan batu bata di dasar pot agar air dapat meresap keluar. Rajinlah untuk memotong akar tanaman dang anti media tanam setiap 1-2 tahun sekali agar tanaman tumbuh subur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar